Mengenai Saya

Foto saya
Hai sobat-sobat terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus, Selamat bergabung dalam Blog Catatan Khotbah Kristen, Catatan Kesaksian Harian dan Catatan Sekolah Minggu. Kami juga mengundang Saudara/i untuk tergabung dalam Facebook Diberkati N Memberkati (Sebuah forum untuk kita saling berbagi berkat, kesaksian, pengalaman dalam Tuhan Yesus, menguatkan & dikuatkan satu sama lain, semua untuk kemuliaan-NYA). Tuhan Yesus Memberkati dan Mengasihi Saudara/i :) Bagi Saudara/i yang rindu untuk menghubungi kami, baik untuk memberikan kesaksian/ memerlukan dukungan Doa, silahkan e-mail ke: diberkatinmemberkati@gmail.com - (Jesus Christ is my All in All... He is Real... He Loves Us So Much.... Yohanes 14 : 6, Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yohanes 3:16, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya (Tuhan Yesus Kristus) tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal).

Minggu, 12 Mei 2013

Just Like Jesus - Pdt. Danny Tumiwa


1 Yohanes 2:6, " Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup."

Shalom! Tahun 2013 adalah tahun pemulihan seutuhnya (entering the next level). Dipulihkan seutuhnya berarti menjadi serupa dengan Tuhan Yesus, dan hal ini adalah suatu keharusan bukan pilihan, bila tidak dilakukan akan ada sanksinya.

Yosua 5:1 berkata "Ketika semua raja orang Amori di sebelah barat sungai Yordan dan semua raja orang Kanaan di tepi laut mendengar, bahwa TUHAN telah mengeringkan air sungai Yordan di depan orang Israel, sampai mereka dapat menyeberang, tawarlah hati mereka dan hilanglah semangat mereka menghadapi orang Israel itu." Iblis akan tawar hati dan lemah ketika melihat kita serupa dengan Kristus.

Lalu, bagaimana agar kita bisa hidup serupa dengan Tuhan Yesus? Kita harus mengalami pemulihan seutuhnya. Kita yang tidak utuh dibuat utuh, yang tidak seperti Kristus jadi seperti Kristus. Hal ini berarti kita harus naik ke level yang semakin dekat dengan hadirat Tuhan. 

Renungkan bagaimana kehidupan kita? Apakah semakin hari kita semakin memiliki kehidupan seperti Kristus hidup? Just like Jesus. Karena, tidak semua orang Kristen masuk Surga. 

Bagaimana supaya kita bisa hidup seperti Kristus? Ada prosesnya, yaitu : 

Roma 8:28-30,  "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya."

I. Dipilih dan ditentukan dari semula (ayat 29)

Kita adalah orang pilihan Tuhan, maka kita harus "berhasil" untuk serupa dengan Kristus, tidak boleh gagal, yang dipilih pasti jadi, kalo Tuhan yang pilih tidak bisa gagal, kecuali kalau kita yang menggagalkan.

Kita dipilih menjadi alat Kerajaan Tuhan untuk diberkati (super abundantly). Efesus 3:20-21, "Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita, bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin."

Kalau kita diberkati Tuhan melimpah, kita juga harus memberkati orang lain juga dan memperhatikan orang-orang miskin, Galatia 6:9-10, "Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman."

Karenanya jangan cinta uang! Menjadi kaya tidaklah salah, tetapi ingin menjadi kaya karena cinta uang bukanlah kehendak Tuhan. 

Menjadi serupa Kristus berbicara tentang berbuat baik kepada semua orang (termasuk mereka yang membenci kita), tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman (banyak yang kurang memperhatikan juga saudara seiman)

Beri yang terbaik untuk orang lain, karena Tuhan Yesus juga memberkati kita berlimpah. Tahun 2013 kita diberkati berlimpah-limpah, tapi kitapun diminta untuk betul-betul menjadi Berkat bagi banyak orang.

II. Dipanggil (ayat 30)

Tidak peduli pada usia berapa kita mendengar panggilan Tuhan, namun yang terpenting adalah kita harus memperbaharui komitmen (janji-janji) kita kepada Tuhan di tahun ini, seperti ketika kita lahir baru (memiliki cinta mula-mula kepada Tuhan).

III. Dibenarkan (ayat 30)

Tidak seorang pun memiliki masa lalu yang sempurna dan selalu benar, karenanya jangan sombong! Berbahagialah karena kita telah dibenarkan oleh Tuhan Yesus, maka kita harus mengetahui kehendak Bapa di surga dan melakukannya dengan taat, setia serta rela berkorban demi menyenangkan-Nya. 

Rajinlah membaca Alkitab supaya kita mengerti kebenaran. Setiap pagi berdoalah, "Bapa, nyatakanlah setiap hari apa kehendak Bapa, dan buat saya mengerti, bahkan paksakan kehendak-Mu supaya terjadi dalam kehidupanku dan keluarga, aturlah kehidupan kami."

Kalau bukan Kehendak Bapa jangan main-main, sekalipun itu pelayanan, itu dianggap kejahatan. (Matius 25, Tuhan tidak mengenal orang-orang yang bahkan merasa telah berbuat ini dan itu)

Matius 7:21, "Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga."

Jika kita berdosa lagi, jujurlah kepada Tuhan dan segera minta ampun kepada-Nya, bangkitlah kembali!

Mazmur 37:23-24, "TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya."

IV. Dimuliakan (ayat 30)

Mau? Dimuliakan berarti diproses habis-habisan, sehingga betul-betul menjadi serupa Kristus dan kedapatan murni tak bercacat cela saat kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya. Inilah tandanya bahwa kita mau diproses untuk menjadi serupa dengan Kristus, yaitu "Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kita pun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita." (I Yohanes 3:16)

Penutup: 

"Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci." (1 Yohanes 3:3). 

Ada 2 kata yang kelihatannya tidak mungkin dilakukan manusia yaitu "jadi suci" dan "jadi sempurna", tapi Tuhan tidak akan memberikan perintah yang tidak bisa kita lakukan.

Suci berarti tidak melakukan, berpikir dan berkata sesuatu yang bukan kehendak Bapa atau yang tidak memuliakan nama Tuhan.

Bersemangatlah... to be like Jesus.

Tuhan Yesus Memberkati. 

Khotbah Minggu, 12 Mei 2013
GBI Sukawarna (Baranangsiang), Bandung
(San, Yd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar