Mengenai Saya

Foto Saya
Hai sobat-sobat terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus, Selamat bergabung dalam Blog Catatan Khotbah Kristen, Catatan Kesaksian Harian dan Catatan Sekolah Minggu. Kami juga mengundang Saudara/i untuk tergabung dalam Facebook Diberkati N Memberkati (Sebuah forum untuk kita saling berbagi berkat, kesaksian, pengalaman dalam Tuhan Yesus, menguatkan & dikuatkan satu sama lain, semua untuk kemuliaan-NYA). Tuhan Yesus Memberkati dan Mengasihi Saudara/i :) Kami juga rindu bagi Saudara/i yang rindu untuk menghubungi kami, baik untuk memberikan kesaksian/ memerlukan dukungan Doa, dll, silahkan SMS ke Hotline: 081 222 40 2012 / e-mail: diberkatinmemberkati@gmail.com - (Jesus Christ is my All in All... He is Real... He Loves Us So Much.... Yohanes 14 : 6, Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yohanes 3:16, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya (Tuhan Yesus Kristus) tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal).

Senin, 20 Mei 2013

PASSION - Ps. Sandra Neir

(Ketahui Cita-Citamu, Ikuti, Mimpikan, Hidupi)


Kita semua harus hidup dengan suatu semangat juang untuk mencapai cita-cita = Passion, tapi ada alasan meskipun kita memiliki semangat tapi kita tidak bisa mencapainya, yaitu apabila kita membiarkan keterbatasan menghalangi kita.

Efesus 5:15-19, "Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh, dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati."

Rasul Paulus menulis surat ini pada waktu ia sedang ditawan di Roma, ± 64 tahun setelah Tuhan Yesus mati di kayu salib. Ia bilang waktu-waktu itu adalah jahat, kalau kita renungkan bila waktu itu saja disebut jahat, apalagi waktu-waktu sekarang ini.

Pertempuran antar bangsa, suku, kekerasan anak, korupsi, betapa hidup ini dianggap tidak berharga, dan sebagainya. Kalau pada waktu itu saja Paulus berkata agar kita hidup sebagai orang-orang bijaksana karena waktu-waktu ini adalah jahat, apalagi sekarang.

Hidup harus punya visi, tujuan, waktu berlalu sangat cepat dan tidak akan menunggu saudara, pergunakan waktumu ketika kesempatan-kesempatan itu muncul, hidup dengan cerdik.

Matius 6:33, "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." 

"Dahulu" menunjukkan urutan:
1. Kerajaan Allah
2. Kebenarannya (cara Allah melakukan sesuatu, karena kita manusia sering menggunakan cara kita sendiri, padahal kita harus menegaskan bahwa agenda Tuhan harus menjadi prioritas utama dalam hidup kita, maka kita mulai bergerak dalam "passion" yang dari Tuhan.

Tuhan dan Saudara sudah bisa menjadi mayoritas, Bila Allah dipihakku siapakah lawanku?

Filipi 2:5, "Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus"

Biarlah pikiran Kristus harus ada di dalam setiap orang yang sudah lahir baru. Hamba Tuhan bisa saja mendoakan agar saudara memiliki pikiran Kristus, tapi yang terpenting saat saudara secara pribadi memutuskan untuk membiarkan pikiran Kristus menguasai kita.

Banyak orang tidak menyukai perubahan (banyak dari kita sudah nyaman dengan cara yang biasa kita lakukan), padahal perubahan sangat diperlukan seiring dengan waktu dan perkembangan zaman.

Untuk mendapatkan "passion" kita, kita harus:
1. Mengalahkan rasa takut
2. Keinginan untuk mencapai goal / tujuan itu harus jadi yang utama dalam pikiran kita
3. Merencanakan, bertindak

Kerinduan adalah suatu semangat yang begitu kuat dalam hati kita untuk mencapai sesuatu, miliki kerinduan (hasrat) yang benar.

Mari kita lihat 2 Pribadi :

1. Tuhan Yesus Kristus (Passion yang benar)

Mengapa Ia mau lahir ke dunia? Ia datang untuk memenuhi kehendak Allah Bapa. Inilah "passion" - Nya, ketika Ia melihat sekelompok orang banyak menanti-nantikan Dia, Ia penuh belas kasihan. Dalam 3.5 tahun, Ia bisa menyelesaikan pelayanan-Nya. Saat di dunia, Ia sama dengan kita memiliki tubuh jasmani yang merasakan kelelahan yang sama, tapi "Passion" Nya membuat Ia bisa menyelesaikannya.

Jangan takut untuk bermimpi besar,
Jangan berhenti pada bermimpi,
Wujudkan mimpi Anda dengan kerja keras
Mulai bermimpi, berpikir, bergerak, berusaha hingga tercapai

Yohanes 4:3-7,  "Ia pun meninggalkan Yudea dan kembali lagi ke Galilea. Ia harus melintasi daerah Samaria. Maka sampailah Ia ke sebuah kota di Samaria, yang bernama Sikhar dekat tanah yang diberikan Yakub dahulu kepada anaknya, Yusuf. Di situ terdapat sumur Yakub. Yesus sangat letih oleh perjalanan, karena itu Ia duduk di pinggir sumur itu. Hari kira-kira pukul dua belas. Maka datanglah seorang perempuan Samaria hendak menimba air. Kata Yesus kepadanya: "Berilah Aku minum."

Mengapa Tuhan Yesus mau rela bersusah-susah sengaja mutar lewat Samaria dulu sebelum ke Galilea? Karena Ia harus melayani perempuan Samaria itu. Itulah "passion" Tuhan, jiwa-jiwa berharga untuk mendapatkan keselamatan, meskipun 1 jiwa. Padahal waktu Tuhan Yesus sampai di sumur itu, ia lelah dan haus, tapi ketika Ia melihatnya, Ia lupa akan keadaan fisiknya, Ia begitu bersemangat besar bahwa inilah kesempatan besar dan tidak boleh terlewatkan untuk menginjil dan melayani perempuan Samaria itu.

Perempuan Samaria itu dipulihkan dan menanamkan benih Injil di daerah Samaria kepada semua orang yang dijumpainya. Sehingga waktu beberapa waktu kemudian, Samaria menjadi daerah yang sudah siap untuk dituai.

Semangat daya juang itu bisa menular kepada orang lain.

2. Delila (Passion yang salah)

Mengapa Delila dapat membuat banyak pria ingin mendekatinya? Begitu banyak citra buruk tentang Delila (genit, suka menggoda, dll).

Delila juga punya hasrat "passion" yang luar biasa untuk membunuh Samson. Ia adalah Jenderal perang Israel. Delila adalah mata-mata bangsa Filistin (musuh Israel). Delila diberi imbalan sangat besar untuk mencari tahu rahasia kekuatan Samson.

Hakim-hakim 16:1, Samson sudah sering menghampiri banyak perempuan, tapi kenapa Samson ingin menghampiri Delila? Bukan karena kecantikan Delila, tapi karena ada Passion (semangat) tertentu yang ada di Delila yang menarik Samson.

Delila sering memuji Samson. Setiap manusia pada dasarnya senang dipuji, karena Tuhan kita adalah Tuhan yang juga senang menerima pujian dari kita. Keempat kalinya Delila tanya ke Samson apa rahasia kekuatannya? Akhirnya Samson jatuh dan memberi tahu rahasia kekuatannya pada rambutnya. Delila berhasil memperoleh passion - nya. 

Passion (Semangat daya juang) dan Tekad adalah hal yang berkaitan. 

Kesimpulan : 

Kata kunci dari khotbah hari ini "Passion" (daya juang) = orang yang punya daya juang entah akan hal yang baik atau buruk akan berhasil. Tapi jangan jadi orang seperti Delila yang memiliki passion yang salah, tapi milikilah tekad dan daya juangnya untuk mencapai Kehendak/Mimpi-Mimpi Tuhan dalam hidup kita.

Apakah kita memiliki mimpi itu?
Beranikah?
Apa yang sudah saudara lakukan?

Passion without work is zero

⌣̊┈̥-̶̯͡»̶̥✽̶ GOD BLESS YOU ⌣̊┈̥-̶̯͡»̶̥✽


Khotbah Minggu, 19 Mei 2013
GBI Baranangsiang



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar