Mengenai Saya

Foto saya
Hai sobat-sobat terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus, Selamat bergabung dalam Blog Catatan Khotbah Kristen, Catatan Kesaksian Harian dan Catatan Sekolah Minggu. Kami juga mengundang Saudara/i untuk tergabung dalam Facebook Diberkati N Memberkati (Sebuah forum untuk kita saling berbagi berkat, kesaksian, pengalaman dalam Tuhan Yesus, menguatkan & dikuatkan satu sama lain, semua untuk kemuliaan-NYA). Tuhan Yesus Memberkati dan Mengasihi Saudara/i :) Bagi Saudara/i yang rindu untuk menghubungi kami, baik untuk memberikan kesaksian/ memerlukan dukungan Doa, silahkan e-mail ke: diberkatinmemberkati@gmail.com - (Jesus Christ is my All in All... He is Real... He Loves Us So Much.... Yohanes 14 : 6, Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yohanes 3:16, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya (Tuhan Yesus Kristus) tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal).

Minggu, 08 September 2013

Stronger Than Struggles (Lebih Kuat dari Masalah) - Pdt. Daniel Arief


STRONGER THAN STRUGGLES
Jangan selalu berkesimpulan kalau masalah datang pasti kita akan menjadi lebih buruk, lebih miskin, lebih susah. 

Kita seringkali memiliki naluri seperti itu. Padahal masalah datang dan diizinkan terjadi dalam hidup kita bukan sebagai lawan/musuh, tapi lewat masalah ini kita bisa menuai hal yang lebih baik dari sebelum ada masalah. Namun bukan maksudnya kita yang mencari-cari masalah. 

Banyak contoh di Alkitab para tokoh yang mengalami masalah dan menjadi lebih kuat, salah satunya Ayub.

Lihatlah negara-negara Jepang yang telah terbiasa dengan gempa bumi, negara Taiwan dan Hongkong yang sudah biasa dengan badai typhoon (http://muntohar.wordpress.com/2007/10/07/taiwan-negara-typhoon/), negara Dubai pada tahun 1980-an adalah padang pasir, saat ini telah berubah menjadi padang rumput dengan bangunan-bangunan indah megah di atasnya. 

Apakah 4 negara itu menjadi negara yang lemah dan tidak bisa berbuat apa-apa karena kondisi geografis mereka? Tidak, mereka menjadi bangsa yang kuat dan maju dan siap terlatih mengatasi badai masalah yang melanda.

Membenci persoalan (tantangan) = Memusuhi kehidupan. Masalah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan.

Dibanding membenci, mengeluh, menyalahkan Tuhan atas masalah, lebih baik kita berpikir bagaimana agar lewat masalah ini saya lebih kuat (hubungan rumah tangga, ekonomi, dsb.nya)

Mari kita belajar dari kehidupan Gad di Alkitab. Gad adalah salah satu anak dari Yakub. 

Doa berkat Yakub untuk Gad, Kejadian 49:19, "Gad, ia akan diserang oleh gerombolan, tetapi ia akan menyerang tumit mereka." 

Doa Yakub untuk Gad anaknya adalah doa yang tidak enak didengar di telinga. Ia punya alasan untuk tidak terima, untuk kecewa dengan Tuhan dan ayahnya Yakub, mengapa doa berkat untuknya berbeda dari saudara-saudaranya yang lain?

Tapi lihat, sekalipun Gad banyak diserang, mereka menjadi suku yang kuat, ternak mereka banyak sekali, mereka disebut suku yang Gagah perkasa, mereka menjadi lebih baik. 

Hasil dari sebuah respon yang benar:
  • Suku Gad menjadi pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa, orang-orang yang sanggup berperang, yang pandai menggunakan perisai dan tombak (1 Tawarikh 12:8)
  • Ternaknya banyak, bahkan sangat banyak sekali (Bilangan 32:1A)
  • "Terpujilah Dia yang memberikan kelapangan kepada Gad. Seperti singa betina ia diam dan menerkam lengan, bahkan  batu kepala. Ia memilih bagian yang terutama, sebab di sanalah tersimpan bagian panglima (Ulangan 33:20-21A)
Kita pun mengalami seperti Gad, telah banyak nubuatan akan terjadi goncangan-goncangan di akhir zaman, menghadapi manusia-manusia yang cinta uang dsbnya (keadaan manusia akhir zaman), tapi kita harus pilih untuk menjadi lebih kuat dan lebih baik.

"LET YOUR BATTLE MAKES YOU BETTER, NOT BITTER" (Lewat peperangan/pergumulanmu, jadilah lebih baik, bukan menjadi pahit dan hancur) = respon kitalah yang menentukan hasil ini, mau breakdown (hancur berantakan) atau breakthrough (mengalami kemenangan, terobosan) lewat masalah yang ada.

Semua keadaan itu netral, respon / sikap kitalah yang menjadikan itu positif atau negatif. 

Waktu Gad lahir, Kejadian 30:11, arti nama Gad adalah kemujuran, beruntung, fortunate. Kok beruntung banyak dirampok diperangi? Sekali lagi kita terbentur dengan pemikiran dan kesimpulan-kesimpulan kita yang salah, makanya orang gampang kecewa dan tidak bersyukur.

Lihat Gad, kesimpulannya peperangan itu adalah keberuntungan dalam hidup Gad. 

Masih bingung? Ubahlah paradigma lama kita dan perkatakan Yakobus 1:2-5, "Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun."

"Selamat atas segala permasalahan anda" Ini bukan sebuah hinaan, tapi memperkatakan Firman, tetap anggap dirimu sebagai orang yang sedang berbahagia.

Kita orang-orang yang beruntung karena Kristus telah mati di kayu salib menebus dosa kita dan menyelamatkan kita, menjadikan kita anak-Nya.

Sifat manusia sebetulnya menyukai tantangan, contohnya kita suka naik coaster permainan berbahaya, bahkan kita bayar untuk menikmati kesenangan itu. Ini Tuhan kasih gratis untuk menghadapi masalah. Kita bisa menikmatinya.

"Hidup adalah Perjuangan yang Indah"

Bukan berarti orang yang beruntung segalanya selalu lancar tanpa ada masalah. Ada krisis atau tidak, anda tetap orang yang diberkati Tuhan.

Mari nikmati krisismu, tangani dengan cara yang baik.

Ia memilih bagian yang terutama, sebab di sanalah tersimpan bagian panglima (Ulangan 33:21A)

KRISIS TIDAK BISA MENCURI BAGIAN TERBAIK YANG TUHAN SUDAH SIAPKAN BUAT KITA.

Tuhan menantang 2 hal kepada kita saat ini:
  • Beranikah engkau merubah paradigma bahwa krisis adalah berkat?
  • Beranikah engkau tetap melakukan kebenaran-kebenaranKu saat engkau sedang diserang dan dirugikan oleh orang lain?
Jawablah dalam doa sekarang.

Engkau akan semakin diberkati lewat krisis yang terjadi, tenangkan hati kita, jangan panik, bagian kita yang terbaik aman dalam tangan Tuhan. Ga usah kuatir, ngambek, sedih nangis lagi menghadapi krisis. 

Lagu:

KAULAH HARAPANSari Simorangkir

BUKAN DENGAN KEKUATANKU
KU DAPAT JALANI HIDUPKU
TANPA TUHAN YANG DI SAMPINGKU
KU TAK MAMPU SENDIRI
ENGKAULAH KUATKU
YANG MENOPANGKU
REFF :
KUPANDANG WAJAH-MU DAN BERSERU
PERTOLONGANKU DATANG DARI-MU
PEGANGLAH TANGANKU, JANGAN LEPASKAN
KAULAH HARAPAN DALAM HIDUPKU


Tuhan  Yesus Memberkati.

Khotbah 8 September 2013
GBI Baranangsiang (Sukawarna), Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar