Mengenai Saya

Foto saya
Hai sobat-sobat terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus, Selamat bergabung dalam Blog Catatan Khotbah Kristen, Catatan Kesaksian Harian dan Catatan Sekolah Minggu. Kami juga mengundang Saudara/i untuk tergabung dalam Facebook Diberkati N Memberkati (Sebuah forum untuk kita saling berbagi berkat, kesaksian, pengalaman dalam Tuhan Yesus, menguatkan & dikuatkan satu sama lain, semua untuk kemuliaan-NYA). Tuhan Yesus Memberkati dan Mengasihi Saudara/i :) Bagi Saudara/i yang rindu untuk menghubungi kami, baik untuk memberikan kesaksian/ memerlukan dukungan Doa, silahkan e-mail ke: diberkatinmemberkati@gmail.com - (Jesus Christ is my All in All... He is Real... He Loves Us So Much.... Yohanes 14 : 6, Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yohanes 3:16, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya (Tuhan Yesus Kristus) tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal).

Jumat, 03 Maret 2017

KUNCI MENANG ATAS MASA KESUKARAN - Ev. Onna Tahapary




Masa kesukaran, siap atau tidak, suka atau tidak, kita harus siap untuk menghadapinya. Kita harus memutuskan untuk merdeka dari masa kesukaran.

Apa yang Alkitab maksud dengan masa kesukaran?

2 Timotius 3:1-5

"Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orangtua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!"

"Ketahuilah (dalam bahasa aslinya artinya belajarlah untuk paham, tidak datang tiba-tiba, tapi karena anda putuskan untuk belajar) 

"Agama" (dalam terjemahan aslinya bukan agama tapi kebenaran, tidak mempedulikan kebenaran)

Belajarlah untuk paham, pada hari terakhir akan datang 
masa yang sukar (dalam bahasa aslinya chalepos), artinya :
1. Posisi kita yang harusnya ada di atas akan digeser untuk kepentingan supaya kita jatuh 
2. Kekuatan dalam diri kita akan dibuat untuk melemah

Apakah kita sedang berada dalam masa sukar? Ceknya :

* Apakah kita berorientasi pada diri sendiri saja? Orang lain tidak ada dalam pertimbangan saudara, selfish, me, mine, and I only (egois, aku dan kepunyaanku saja), pada waktunya kekuatan dalam diri mereka akan melemah 

* Apakah anda cinta uang? Uang tidak masalah, tapi masalah ketika menjadi hamba uang. Tuhan harus jadi Tuhan, tidak ada saingan apapun. Kamu tidak bisa beribadah pada 2 tuan, pilih salah satu, Tuhan atau mamon (mamonas, artinya ketamakan, keserakahan, kikir, waktu itu terjadi berarti ia hamba uang)

Tuhan di atas, Tuhan atur kita, kita atur uang, ini yang seharusnya.

Cepat atau lambat hamba uang akan jatuh, suka membual, dstnya dalam ayat tersebut.

Keadaan-keadaan di ayat inilah masa sukar dalam hidup.

Bila tidak diselesaikan dengan baik, tinggal tunggu waktu melemah dan jatuh.

Sejatinya, semua orang yang percaya Kristus ada kekuatan dalam dirinya. Setan tahu itu, sehingga ia berupaya keras untuk membuat kita terjebak dalam masa sukar dan melemah, sehingga ia bisa menguasai kita dalam semua posisi.

Mazmur 18:1-2


"Aku mengasihi Engkau, ya TUHAN, kekuatanku!"

ANDA HARUS MEMUTUSKAN DAN MENDEKLARASIKAN BAHWA TUHAN ADALAH TUHAN PEMERINTAH ATAS HIDUP KITA ! TUHAN KEKUATAN KITA 

Sehingga... Firman Tuhan mengambil otoritas tertinggi dalam hidup kita, sehingga kita tidak mungkin hidup egois, tidak akan jadi hamba uang, tidak akan memiliki gaya hidup seperti ayat tersebut, karena ADA KEKUATAN ALLAH.

Cek dari ayat 2-4 diantaranya itu ada pada saya atau tidak? Cek dan bereskan.

Kalau tidak dibereskan, lama-lama anda akan merasionalisasi diri dan meminta Tuhan yang mencocokkan diri dengan anda. 

Setan tidak pernah takut kepada kita, tapi setan takut kepada TUHAN YANG ADA DALAM DIRI KITA.

Kalau kita tidak diperintah Tuhan, kita melemah, setan mengambil alih.

KITA MEMILIH FIRMAN ALLAH OTORITAS TERTINGGI DALAM HIDUP KITA, KITA TERBIASA MELAKUKAN KEBENARAN.

TUHAN rancang kita untuk posisi ada di atas, makanya setan berupaya tarik dan geser untuk bisa ada di bawah, di area setan. Tuhan rancang kita tetap di atas.

Ulangan 28:13
"TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala (artinya teladan) dan bukan menjadi ekor (batu sandungan), engkau akan tetap naik dan bukan turun (Thou shalt be above only, and thou shalt not be beneath, ini terjemahan Inggrisnya, kamu punya posisi harus hanya di atas saja, "maal" higher ground di atas, bukan mentok di bawah), apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia"


DENGAR DAN LAKUKAN DENGAN SETIA
Dengar saja tidak cukup. 

Permainan kerajaan kegelapan, dengarkan Firman Allah saja tidak apa-apa, datang persekutuan rajin tidak apa-apa, asal.... Jangan lakukan. Hati-hati !!!

Barangsiapa bertelinga hendaklah ia mendengar ("akoe" Yunani, anda harus dengar, mau tahu apa yang dibicarakan dan harus paham apa yang dikomunikasikan)

Makanya waktu Firman Allah disampaikan, putuskan dengar, dan minta Roh Allah bantu, dan saya putuskan untuk taati Firman.

Kalau anda TIDAK TAAT FIRMAN ALLAH, anda tidak mungkin jadi teladan, posisi anda tidak mungkin tetap di atas.

Setan geser posisi tidak langsung 180 derajat, tapi sedikit sekali tapi sedikit itu bisa menghasilkan pergeseran yang besar cepat lambat.

REALITA POSISI KITA DIDESAIN TUHAN DI ATAS, KALAU JATUH ITU TIDAK WAJAR !

Dengarkan Firman Allah, Latih diri untuk Taat.

Cirinya jelas :
1. Tidak egois
2. Bukan hamba uang
3. ...Dstnya

Itu gaya kita bukan? Kalau bukan, sadari SAUDARA SALAH POSISI. Saudara harus rangkak lagi ke atas.

KEBENARAN YANG TERPAHAMI OLEH KITA AKAN MEMERDEKAKAN KITA.

Setiap orang yang dalam masa sukar, tinggal di bawah, mereka akan tetap beribadah (dengar tapi tidak taati), maka ibadah mereka semuanya hanya lahiriah, pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya (kekuatan ibadah)

Jauhilah mereka itu (orientasi kita pada manusia kan, bukan, kata aslinya dalam bahasa Inggris adalah "it" jadi jauhilah tindakannya)

Orang berdosa jangan dijauhi, pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik (bergaul = menyetujui apa yang mereka kerjakan, sehingga tinggal tunggu waktu akan lakukan apa yang mereka lakukan), tapi.. Tuhan Yesus tidak menjauhi pemungut cukai, orang berdosa, pelacur, tapi TUHAN YESUS TIDAK MENYETUJUI PERBUATAN MEREKA, TIDAK BIKIN HAL-HAL YANG SAMA.

Ibadah Lahiriah, ibadah yang dibentuk, dibikin acara, direncanakan, jadi bisa 5 menit sebelum ke Gereja marah-marah, mengucapkan kata yang menyakiti orang lain, dan 5 menit kemudian di Ibadah ketemu orang bisa ramah, shalom, halleluya, luar biasa, dan setelah pulang ke rumah, balik lagi seperti asal.

Kenapa melakukannya? Karena tidak ada di posisi atas, kekuatan melemah, sehingga menjadi munafik.

IBADAH BUKAN ACARA, IBADAH TIDAK BISA DIBENTUK, IBADAH ITU GAYA HIDUP !!!

IBADAH (eusebia, kesalehan, kekudusan, dan takut kepada Tuhan) 

ORANG LIHAT ATAU TIDAK LIHAT, KITA DIDAPATI SEBAGAI ORANG YANG BERIBADAH, KAMU KONSISTEN !!!

CEK ULANG IBADAHMU.

"Memungkiri" kekuatannya (menolak untuk menjadi serupa Kristus, menolak untuk mentaati Firman Allah)

* Kuasa pemahaman menggiring orang pada ketaatan
* Kuasa ibadah menggiring orang kepada perubahan dalam hidup

Kita menjadi kuat, permainan terbiasa di atas sehingga makin teruji, sehingga bisa menjadi teladan dan digiring kepada KESERUPAAN DENGAN KRISTUS.

Pengujian kita bukan di Gereja, tapi orang-orang terdekat kita, rajin ke Gereja dan rajin dengar Firman Tuhan tapi kelakuan tidak berubah bahkan lebih parah. Saudara sudah ikut Tuhan berapa lama? Makin mirip Tuhan Yesus atau makin mirip setan? Sadari, berubah, kembali pada posisi atas dan hidup dalam kekuatan.


Kuncinya :
* MINTA TUHAN PERINTAH HIDUP KITA
* DENGAR FIRMAN TUHAN HINGGA PAHAM DAN PUTUSKAN LAKUKAN

Hasilnya :
* ANDA KUAT
* ANDA JADI TELADAN
* ANDA JADI SERUPA KRISTUS

⌣̊┈̥-̶̯͡»̶̥✽̶ GOD BLESS YOU ⌣̊┈̥-̶̯͡»̶̥✽


Khotbah Minggu, 19 Februari 2017
GBI Baranangsiang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar