Mengenai Saya

Foto saya
Hai sobat-sobat terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus, Selamat bergabung dalam Blog Catatan Khotbah Kristen, Catatan Kesaksian Harian dan Catatan Sekolah Minggu. Kami juga mengundang Saudara/i untuk tergabung dalam Facebook Diberkati N Memberkati (Sebuah forum untuk kita saling berbagi berkat, kesaksian, pengalaman dalam Tuhan Yesus, menguatkan & dikuatkan satu sama lain, semua untuk kemuliaan-NYA). Tuhan Yesus Memberkati dan Mengasihi Saudara/i :) Bagi Saudara/i yang rindu untuk menghubungi kami, baik untuk memberikan kesaksian/ memerlukan dukungan Doa, silahkan e-mail ke: diberkatinmemberkati@gmail.com - (Jesus Christ is my All in All... He is Real... He Loves Us So Much.... Yohanes 14 : 6, Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yohanes 3:16, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya (Tuhan Yesus Kristus) tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal).

Selasa, 19 Mei 2015

Roh Kudus Ku Perlu Engkau - Pdm. Herry Kho


Roh Kudus dalam bahasa Yunani disebut Parakletos, artinya Pribadi yang diundang untuk menuntun kita kepada seluruh kebenaran, menginsyafkan kita, menegur, membimbing, melindungi, menghibur, dsbnya.

Yohanes 14:16-17, "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu."

Yohanes 15:26-27, "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."

Yohanes 16:13, "Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang."

Saat kita mengaku dan percaya pada Tuhan Yesus, Roh Kudus diberikan kepada kita saat itu juga.

Bedanya, ada yang aktif dan tidak aktif Roh Kudus dalam hidupnya. Kenapa tidak aktif, karena kita tidak mengaktifkan. Kuasa Tuhan yang begitu besar itu telah tersedia bagi kita. Alami, praktekkan.

Roh Kudus yang aktif dalam hidup kita pasti menghasilkan buah, Baca Yohanes 15, Pokok Anggur yang Benar. 

Buah apa saja yang dihasilkan Roh Kudus dalam kehidupan seorang percaya? 

1. Buah Pertobatan, begitu percaya Tuhan Yesus ada pertobatan, dulu suka mencuri sekarang tidak lagi, dulu hutang ga bayar sekarang bayar, dulu menuju kebinasaan sekarang kepada keselamatan.

2. Buah Roh, karakter Kristus yang diperbaiki dalam hidup kita, ada 9, kasih sukacita damai sejahtera kesabaran kemurahan kebaikan kesetiaan kelemahlembutan penguasaan diri.

Galatia 5:22-23, "Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu."

3. Buah Jiwa-jiwa, orang yang dahulu lihat kita hidupnya miring sekarang lurus maka orang bertobat, mencari apa yang menyebabkan kita bisa berubah

Di kekekalan Tuhan tidak akan tanya berapa banyak deposito, aset kekayaanmu, tapi Tuhan tanya berapa banyak jiwa yang engkau bawa kepada Tuhan?

Mereka dibawa melalui perubahan hidup kita dan juga lewat penginjilan, mendoakan, bersaksi. Siapa yang menginjil dalam 1 minggu terakhir? 3 bulan? 1 tahun terakhir?

Kisah Para Rasul 1:8, "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Allah memperlengkapi kita untuk membawa jiwa-jiwa. Menginjil dan membawa jiwa adalah tanggung jawab kita.

Dalam menginjil bagian kita adalah menyampaikan, tidak semua orang langsung bertobat saat mendengar Injil, waktu Tuhan yang bekerja, tapi setiap Firman yang disampaikan tidak akan ada yang sia-sia. Banyak orang memiliki konsep yang salah dan merasa menginjil adalah sulit.

1 Korintus 3:6, "Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan."

Yesaya 55:11, "demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya." 

Kalau orang bertobat, itu bukan hebat kita, tapi karena Roh Kudus bekerja menjamah hati orang tersebut.

Waktu masih ada, jangan hanya berdiam diri menantikan pengangkatan (rapture), kalau tidak menghasilkan buah akan dikumpulkan bersama ranting-ranting kering untuk dibakar.

Kesaksian Pdm. Herry, 44 tahun yang lalu saat berusia 16 tahun, ia terlibat dalam kesalahpahaman, saat berusaha menolong orang lain, malah dirinya yang dipukuli dan menyebabkan matanya menjadi buta. Ia sangat terpukul dan menghukum diri dengan selalu mengurung diri di kamar, banyak Pendeta mendoakan dan memberi semangat tapi semuanya itu tidak dapat masuk ke dalam hatinya. Ia menolak Tuhan. Hanya ada 1 orang yang selalu ia ingin temui setiap hari, yaitu seorang Mbok penjual makanan. Ia sangat senang dengan makanan yang dijualnya. Mbok itu adalah seorang yang baru mengenal Tuhan Yesus, setelah sekian lama, Mbok itu memberanikan diri bertanya, boleh tidak saya doakan? Karena tidak enak, Pdm. Herry menjawab boleh. Setelah berdoa, apakah tiba-tiba terjadi mujizat matanya dapat melihat lagi? Tidak. Tapi, berkat Doa itu mata rohaninya terbuka. Ia sadar kalau ia terus mengurung diri di kamar, akan menjadi apa masa depannya. 

Tanpa Roh Kudus kita tidak mampu untuk melakukan kebenaran atau hanya jadi orang yang melakukan kebenarannya sendiri, rasanya benar, feelingnya sudah benar, tapi di waktu akhir seperti kata Firman Tuhan, Aku tidak mengenalmu.


Matius 7:21-23:
(21) Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. (22)Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? (23) Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Sadarilah pentingnya menginjil.

Banyak orang terdekat kita tidak bisa bertobat dikala antara perkataan dan perbuatan kita tidak sinkron.

Kesaksian: Ada 4 orang yang bersahabat baik. Mereka melamar di suatu Outlet. 3 orang yang lincah, pandai bicara, semua langsung diterima. Tinggal seorang yang bernama Merry, ia gugup dan tidak bicara dengan lancar dan gemuk, ia tidak diterima. Lalu 3 orang temannya sangat sedih dan menemui HRD itu, mereka bilang Pak kita selalu bersama-sama, tolong Pak kasih kesempatan 1 minggu saja untuk Merry bekerja, kalau Bpk tidak cocok baiklah. Okay jawab HRD itu. Merry ditempatkan di kasir, bagian memeriksa dan menunjukkan kepada pembeli baju-bajunya sebelum dibayar. Ia bekerja dengan sangat baik. Namun, karena pekerjaannya tidak menjual, ia hanya dapat gaji pokok dan tidak ada insentif setiap menjual sesuatu seperti 3 temannya. Namun bagi Merry itu saja sudah lebih dari cukup, ia sangat bersyukur kepada Tuhan. Ia bilang sama Tuhan, Tuhan dengan apa aku dapat membalas kebaikanMu? Tiba-tiba di hatinya muncul sebuah ide. Di Name tag kamu tuliskan "Merry and God". Ini mengundang perhatian banyak pembeli, setiap kali mereka bertanya apa maksudnya? Merry menunjuk dirinya dan Tuhan, ia tidak bisa berbuat apa-apa tanpa Tuhan. Dengan cara sederhana Merry telah melakukan penginjilan setiap hari.  

Seberapa hebat kita bisa melindungi anak-anak kita dari hal miring? Sangat terbatas dengan kekuatan kita sendiri, tapi kalau kita ajarkan untuk takut akan Tuhan dan mengandalkan Roh Kudus, Tuhan yang akan melindunginya.

Tanpa Roh Kudus, Roh Kebenaran, bisa tidak dalam 1 hari saja kita tidak berdosa dalam pikiran dan perkataan? Itu sulit. Ini hanya bisa dilakukan dengan Kuasa Roh Kudus yang berdaulat dalam hidupmu.

Kalau kita dikasih pertanyaan pribadi, jika nanti malam Tuhan Yesus datang / panggil kita, kamu mau buat apa sekarang? Ada yang jawab minta maaf, bayar hutang, memperbaiki kesalahan, dll, cepat lakukan selama masih ada kesempatan.

Mengundang Roh Kudus untuk berdaulat dalam hidup kita itu jangan ditunda-tunda, kalau mau lakukan sekarang, jangan besok, lusa, last minute. Jangan cerita waktu zaman dulu anda  begitu dekat dengan Roh Kudus, karena kita sangat perlu Roh Kudus sekarang dan setiap saat.

Kalau kita bisa tenang-tenang aja hidup tanpa Roh Kudus, jangan-jangan kita sedang hidup dalam kebenaran semu kita sendiri.

Buka hatimu, siapkan hatimu, Roh Kudus manis dan lembut, kalau kita tidak mau Ia tidak memaksa.

Kita sangat memerlukan Roh Allah yang hidup dalam hidup kita.

Khotbah Ps. Jentezen: 
Perumpamaan: ada orang order pizza dan pizza itu dikirim ke rumah sambil ditenteng di tangan, kita akan langsung tanya mana boxnya? Padahal box itu hanya berarti 39cent, tapi apa yang ditaruh di dalam box itu yang membuatnya bernilai. Bukan box yang memberi nilai pada produk.



Roh Kudus yang di dalam saudara yang menentukan nilaimu. Kamu tidak perlu jadi hebat, penuh talenta, tampan, seperti super star, namun yang penting kamu bersih kudus secara pribadi (personal holliness) dan kosong (haus, ada yang perlu diisi, dipuaskan oleh Roh Kudus).  Be clean and empty to be used by God.

Roh Kudus ada disini, dimanapun anda berada, mintalah untuk dibersihkan dan dipenuhi oleh Roh Kudus.

Lagu: 
Roh Kudus Kau Hadir Disini
Roh Kudus KumengasihiMu
Kau Lembut, Kau Manis
Kaulah Penghiburku
Penolongku Diutus Bapaku

Kubuka Hati Untuk Roh Mu Tuhan
Kubuka Hati Menyembah Mu Yesus
Jamahlah Kami Penuhi Kami 
Dengan Kuasa Allah Maha Tinggi

Tuhan Yesus Memberkati.

Khotbah Minggu, 17 Mei 2015
GBI Baranangsiang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar